Pengenalan Adobe Flash CS 6 & Animate CC

A.Pengertian 
     Adobe flash adalah sebuah tools/software pengolah dan pembuat animasi 2 dimensi berbasiskan gambar vector. Adobe flash juga dapat digunakan untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis juga pembuatan aplikasi berbasis web, desktop ataupin mobile.Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya.Bahasa pemrogramman yang digunakan di Adobe Flash adalah Action Script. Action Script 2.0 (ditujukan untuk penggunaan platform desktop) dan Action Script 3.0(ditujukan untuk penggunaan platform mobile).
Adobe Flash CS6 merupakan versi pembaruan dari versi sebelumnya, Adobe Flash CS5. Adobe Flash CS6 berada pada sati paket dengan sofware lainnya dalam Adobe Creative Cloud ( Adobe CC). Versi ini dirilis online pada tanggal 18 Juni 2014.Pada 1 Desember 2015, Adobe mengumumkan bahwa program tersebut akan diganti nama menjadi Adobe Animate pada pembaruan besar berikutnya. Langkah ini datang sebagai bagian dari upaya untuk memisahkan program dari Adobe Flash Player , mengakui peningkatan penggunaannya untuk pembuatan HTML5 dan konten video, dan upaya untuk mulai mengecilkan penggunaan Flash Player demi solusi berbasis web standar.

Welcome Screen pada:
Adobe Flash


Adobe Animate CC

Create from Template, berguna untuk membuka lembar kerja dengan template yang tersedia dalam program Adobe Flash Pro CS6.
Open a Recent Item, berguna untuk membuka kembali file yang pernah anda simpan atau pernah anda buka sebelumnya.
Create New, berguna untuk membuka lembar kerja baru dengan beberapa pilihan script yang tersedia.
Learn, berguna untuk membuka jendela Help yang berguna untuk mempelajari suatu perintah.

B.Bagian-bagian
1.ToolBox

Penjelasan:
1.Subselection Tool(A) untuk Menyeleksi objek bersifat garis, objek akan otomatis berisi garis bantu yang kemudian bisa diedit bentuk nya dengan menggunakan tool ini.
2. Selection Tool(V) untuk menyeleksi Objek bersifat titik titik dan untuk mengedit objek saat objek belum diseleksi oleh tool ini. Caranya dengan langsung drag objek yang belum diseleksi, sehingga bentuk objek akan berubah.  
3.3D Rotation Tool(W) berfungsi untuk melakukan rotasi 3D pada objek berdasarkan sumbu X, Y dan Z
4.Free Transform Tool(Q) berfungsi untuk mengubah bentuk objek secara bebas.
5.Lasso Tool(L) berfungsi untuk menyeleksi objek dengan pola seleksi bebas.
6.Text Tool(T) berfungsi untuk mengetik teks dan paragraf.
7.Pen Tool(P), untuk membuat objek baru dengan metode pen. Yaitu membuat satu titik kemudian dihubungkan dengan titik yang lain.
8.Rectangle Tool(R), berfungsi untuk menggambar objek kotak.
9.Line Tool(N), untuk membuat sebuah garis lurus. Dengan mengklik di satu titik, kemudian drag ke arah titik berikutnya.
10.Brush Tool(B) berfungsi untuk menggambar dengan bentuk polesan kuas.
11.Pencil Tool(Y), untuk membuat objek secara freehand. Setalah dibentuk, makan akan muncul titik – titik pada setiap sudut yang dibentuk oleh gambar tadi.
12.Deco Tool(U) berfungsi untuk menggambar corak dekorasi dengan menggunakan simbol graphic.
13.Paint Bucket Tool(K), untuk mewarnai fill pada objek.
14.Bone Tool(X) berfungsi untuk membuat animasi pertulangan dengan menambahkan titik sendi pada object.
15.Eraser Tool(E), untuk menghapus objek. Pastikan objek berupa titik – titik atau belum digroup.
16.Eyedropper Tool(I), untuk memilih sampel warna kemudian warna akan dikunci dan bisa diberikan pada objek yang lain.
17.Zoom Tool(M, Z), untuk memperbesar dan memperkecil tampilan stage.
18.Hand Tool(H), untuk menggeser stage (lembar kerja) layaknya menggeser sebuah kertas diatas meja.
19.Stroke Color berfungsi untuk menentukan warna garis.
20.Fill Color berfungsi untuk menentukan warna bidang object.
21.Swap Color berfungsi untuk membalikan warna antara warna garis dan warna bidang object.
22.Black and White berfungsi untuk mengubah warna garis dan bidang menjadi hitam dan putih.
23. Snap to Object berfungsi untuk mengaktifkan atau mematikan fungsi Snap to Object.

2.Timeline
     Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.

untuk timeline adobe animate cc:
 Untuk timeline adobe flash cs6:

Penjelasan:
A.Timeline, tabulasi dari lembar kerja atau stage yang sedang dikerjakan.
B. Layer, lembar kerja yang menampung objek yang akan dianimasikan didalam timeline. 
C. Show or Hide All Layers, untuk menyembunyikan atau menampilkan semua isi layer. 
D. Lock or Unlock All Layers, untuk mengunci atau melepas kunci objek dari semua layer.
E. Show All Layer as Outlines, untuk menampilkan objek pada semua layer dalam bentuk outline.
F. New Layer, untuk menambah layer baru.
G. New Folder, untuk menambah folder baru.
H. Delete, untuk menghapus layer.
I. Simbol Pensil, menunjukkan bahwa layer dalam kondisi terpilih atau aktif.
J. Titik Show or Hide, klik untuk menampilkan atau menyembunyikan layer aktif.
K. Titik kunci, klik untuk mengunci atau melepas kunci layer yang aktif.
L. Kotak Outline, kilik untuk menampilkan objek dalam layer aktif menjadi bentuk outline.
M. Playhead, jarum untuk membaca frame pada saat animasi dijalankan.
N. Blank Keyframe, sebuah simbol lingkaran kosong yang menampung suatu objek.
O. Controler, tombol yang digunakan untuk mengontrol animasi.
P. Loop, tombol yang digunakan untuk mengaktifkan pengulangan animasi.
Q. Tombol Pengatur tampilan animasi, untuk mengatur tampilan animasi didalam stage.
R. Current Frame, menunjukkan posisi frame aktif.
S. Frame Rate, untuk mengatur kecepatan gerak animasi dalam tiap detiknya.
T. Elapsed Time, menunjukkan durasi atau lamanya animasi.
U. Scrollbar, menggulung jendela timeline secafra vertikal atau horisontal.
V. Tombol Menu, untuk mengatur tampilan frame. 
W. Frame, suatu bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pembuatan animasi.


3.Stage
   Stage adalah lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain objek yang akan dianimasikan. Objek yang dibuat dalam lembar kerja dapat berupa objek Vektor, Movie clip, Text, Button, dan lain-lain.

Untuk Stage Adobe Animate CC:
 Untuk Stage Adobe Flash CS6:

Penjelasan:
A.Stage,lembar kerja untuk menyusun objek yang akan dianimasikan.
B.Scene, menunjukan nama scene yang aktif.
C.Panah yang digunakan untuk berpindah dari lembar kerja simbol ke lembar kerja utama.
D.Scrollbar, untuk menggulung lembar kerja secara horisontal dan vertikal.
E.Edit Scene, untuk memilih nama scene yang akan diedit.
F.Edit Symbols, untuk memilih nama simbol yang akan diedit.
G.Zoom, untuk mengatur besarnya tampilan stage atau lembar kerja.


    Cukup sekian untuk pembahasan kali ini,silahkan jika ingin berkomentar atau memberikan saran,mohon maaf apabila ada kesalahan semoga pembahasan ini dapat bermanfaat.Jika artikel di atas terdapat kekeliruan atau kesalahan,mohon untuk hubungi saya melalui contact atau melalui komentar.

TRAP

Sumber:
https://alfiansyahdimarty.blogspot.com/2017/04/tentang-adobe-flash-cs6.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Adobe_Animate&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp
https://www.pindexain.com/tools-pada-adobe-flash/
https://vikianimation.blogspot.com/2015/03/mengenal-adobe-flash-cs6.html 
https://drahmanisa.blogspot.com/2013/12/adobe-flash-professional-cs6.html
https://rizqon1998.blogspot.com/2017/09/mengenaladobe-flash-cs-6-adobe-flash.html


EmoticonEmoticon