Cara melakukan restart dan shutdown pada linux ubuntu ketika freeze(hang)

Sumber gambar:pixabay.com

     Kali ini saya akan memberitahukan bagaimana caranya untuk merestart linux ubuntu yang freezer,ketika linux ubuntu dalam keadaan freezer kita tidak bisa memindahkan kursor,menekan icon,dll.kadang pada saat seperti ini kita mematikan atau merestart komputer secara paksa dengan menekan tombol power,namun hal itu dapat berpotensi merusak hardisk,Pada saat saya menggunakan linux saya pun sering melakukan hal tersebut sehingga mau tidak mau menekan tombol power secara paksa,namun setelah mengetahui cara mematikan linux dari beberapa situs secara aman,saya tinggalkan cara lama karena dapat berpotensi merusak hardisk.

Cara untuk melakukan restart kita dapat melakukannya dengan beberapa cara:

1).menekan tombol Alt dan tahan kemudian tekan SysRq/Print Screen SysRq kemudian ketik reisub, ingat tombol Alt jangan di lepaskan sampai kalian beres mengetik reisub biasanya yang ini selalu berhasil,atau Alt+PrintScreen+reisub.
2).menekan tombol Alt dan tahan kemudian tekan SysRq/Print Screen SysRq kemudian ketik rseiub,cari ini pun sama seperti cara no 1,dimana Alt kita tekan dan jangan lepaskan sampai beres mengetik rseiub,atau Alt+PrintScreen+rseiub.
3).menekan tombol Ctrl+Alt+delete.
4).menekan tombol Ctrl+Alt+F12 kemudian tekan tombol Ctrl+Alt+Del.

      Kemudian jika kalian ingin melakukan shutdown pada linux pada saat freeze(hang) kalian dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

      dengan cara menekan tombol Alt dan tahan kemudian tekan SysRq/Print Screen SysRq kemudian ketik rseiuo,dimana Alt kita tekan dan jangan lepaskan sampai beres mengetik rseiuo,maka akan langsung melakukan shutdown,atau Alt+PrintScreen+rseiuo.

Untuk deskripsi tombol di Magic System Request Key yaitu:

R=Raw,yaitu untuk mengambil alih kontrol
S=Sync,yaitu untuk flush data to disk
E=terminate,yaitu untuk mengirim SIGTERM ke semua proses kecuali ini.Maksudnya adalah upaya yang ditempuh untuk menyudahi proses saat ini, kecuali init dengan aman, misalnya menyimpan dokumen,dll.
I=Kill,yaitu untuk mengirim SIGKILL kesemua proses kecuali init.Dalam hal ini semua proses kecuali init akan di kill,dimana data yang ada di proses yang di kill akan hilang.
U= Unmount,remount segala sesuatunya dengan status readonly.
B=reboot,yaitu untuk merestart system tanpa menyiapkan langkah, guna memastikan kondisi benar-benar aman untuk safe reebot,dimana kombinasi untuk tombol ini sama seperti ketika cold reboot.
O=Shutdown,shutdown system via ACPI,nama lain dikomputer lama yaitu APM.  

      Cukup sekian untuk pembahasan kali ini,silahkan jika ingin berkomentar atau memberikan saran,mohon maaf apabila ada kesalahan semoga pembahasan ini dapat bermanfaat.Dalam pembuatan artikel ini tak luput dari referensi yaitu dari beberapa situs,jika artikel di atas terdapat kekeliruan atau kesalahan,mohon untuk hubungi saya melalui contact atau melalui komentar.

Untuk yang dijadikan referensi oleh saya dapat kalian lihat dibawah ini:
Referensi:

http://ubuntu-indonesia.com/viewtopic.php?t=7981
http://www.mumulala.com/2013/09/cara-mematikan-paksa-ubuntulinux-yang.html
https://asalbongkar.com/2014/06/mengatasi-linux-ubuntu-yang-sering-hang-freeze/ 
https://vpswp.blogspot.co.id/2015/04/cara-atasi-linux-yang-freeze-ngehang.html
https://askubuntu.com/questions/277517/what-does-ctrl-alt-f12-do






EmoticonEmoticon